Biografi Singkat Angga Putu Soemardi

Angga Putu Soemardi lahir di Manggar, 14 Februari 1995 dengan nama pemberian orang tua yaitu Anugrah Agung Setiawan dan memiliki nama panggilan Angga. Namun setelah banyak membaca auto biografi dan sejarah tentang gelar atau nama orang tua yang dicantumkan pada nama anak. Setelah beberapa hari selesai KKN pada September 2018 Angga melakukan perubahan namanya menjadi Angga Putu Soemardi.

Angga sendiri merupakan nama panggilan yang disematkan oleh ibunya dan Putu dalam bahasa jawa ialah cucu sedangkan soemardi sendiri adalah nama kakek dari sebelah ibu Angga. Meskipun nama kakek tidak ditulis dengan ejaan lama, Angga tetap memilih ejaan lama untuk digunakan biar terlihat lebih keren bagi dirinya sendiri.

Jadi Angga Putu Soemardi memiliki arti atau makna Angga cucu soemardi. Tidak hanya itu ia pun juga mengajak adik-adik sepupunya untuk menggunakan nama kakeknya itu. Karena menurutnya, kakek mereka merupakan seorang laki-laki pekerja keras yang tahan disegala medan. Mulai dari berkerja sebagai karyawan rumah sakit di salah satu RS milik PT Timah pada tahun 1970-an, kemudian menjadi pengawal alat berat pada tahun 1980-an dan menjadi buruh tambang pada 1990-an hingga menjadi nelayan pada 2000-an dan tutup usia di pagi hari tanpa sakit dan tanpa tanda-tanda sedikitpun pada Maret 2016.

Penggunaan nama kakek pada akhiran namanya itu juga karena jika menggunakan nama ayahnya kurang enak untuk diucapkan. Ayahnya yang bernama Noviar jika diganti menjadi Angga Noviar terkesan biasa saja (menurutnya). Selain itu penggunaan nama kakek digunakan bukan tanpa alasan sejak kecil Angga selalu bersama sang kakek. Pada usia 4 tahun Angga pernah berpergian ke Batam dengan kakek dan neneknya sedangkan Ibu dan ayahnya tidak ikut mendampingi.

Pernah juga ketika usia Angga 5 tahun dengan kaki di ikat dengan kain pada sepeda dan duduk di bagian belakang sepeda di bonceng oleh kakeknya menuju salah satu pantai yang ada di desa mereka yaitu desa Batu Penyu. Pantai itu biasa disebut oleh masyarakat setempat sebagai laut gusong cine. Saat dalam perjalanan Angga mengeluhkan jalanan yang becek, berlumpur dan berlobang. Karena memang ketika itu jalanan tersebut belum diaspal dan hanya bisa dilewati oleh sepeda membelah padang rumput dan rawa-rawa sepanjang kurang lebih 10 Km.

Saat itu pula sang kakek berkata mungkin setelah kamu jadi Presiden jalan ini baru akan di aspal. Walaupun akhirnya 1 Km dari desa jalan tersebut sudah di aspal pada tahun 2008. Sesampainya di pinggir pantaipun ketika malam hari Angga mengeluhkan badannya sakit-sakit dan tidurnya tidak enak karena tertusuk oleh rerumputan dan ilalang yang berada tepat di bawah tikar yang ia tiduri selain itu hewan sejenis nyamuk juga menghinggapi tubuhnya. Lagi-lagi sang kakeklah yang berusaha menenangkan, ketika itu akhirnya Angga tertidur dalam gendongan sang nenek dan dalam belaian asap dari sabut kelapa yang dibuatkan oleh kakek supaya ia tidak digigit oleh Agas (sejenis nyamuk pinggir pantai).

Kemudian pernah juga disuatu hari Angga dan kakeknya yang sedang berada di tengah hutan saat pembukaan lahan tambang timah oleh salah satu bos timah. Diterjang oleh hujan lebat petir kilat yang membuat seluruh bajunya basah kuyup meskipun telah berteduh dibawah pohon besar. Suara gemuruh dan kilat yang menyambar kesana kemari membuat Angga yang baru SD merasa takut namun karena saat itu juga ia sadar sedang bersama sang kakek maka ketakutan itu hilang seketika.

Masih banyak alasan-alasan atau cerita-cerita yang mendasari Angga mengganti namanya dengan menggunakan nama kakeknya pada bagian belakang nama. Namun semua itu ia lakukan demi mengenang ketangguhan hidup sang kakek semasa hidupnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s